Tips Memilih Makanan Sehat ala Atlet Asian Games
July 29, 2018

Persiapan menjelang Asian Games 2018 ternyata tidak hanya sebatas perbaikan dan pembangunan fasilitas serta infrastruktur daerah saja, namun mencakup makanan yang akan menjadi gizi para atlet yang akan bertanding di Olimpiade Asia tersebut.

Hal ini dirasa penting karena asupan yang didapat oleh para atlet memiliki pengaruh yang sangat signifikan bagi performa mereka di atas lapangan. Seperti yang telah disampaikan oleh Sekda Jabar, Iwa Karniwa, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak main-main dengan kualitas makanan dan minuman yang akan dikonsumsi oleh para kontingen Asian Games 2018.

Dalam rangka untuk menjaga kualitas makanan & minuman yang sesuai dengan kebutuhan para Atlet, Pemprov Jabar telah berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait seperti BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan juga Dinas Kesehatan guna memastikan kelayakan makanan dan minuman yang akan disajikan kepada para Atlet.

makanan sehat atlet asian games

Lalu, makanan seperti apa sajakah yang cocok untuk dikonsumsi oleh para atlet agar bisa menjaga performa mereka di atas lapangan? Apakah ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama ajang Asian Games 2018 berlangsung? Simak tips memilih makanan sehat ala Atlet Asian Games berikut ini.

Makanan yang Direkomendasikan

  • Kacang-kacangan

Atlet yang berlaga di Asian Games tentu akan banyak membutuhkan tenaga untuk bertanding, oleh karena itu asupan makanan yang mengandung protein tinggi sangat diperlukan. Ini termasuk beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond. Dengan mengkonsumsi kacang almond, tenaga yang hilang akan cepat terganti dan perut juga lebih cepat kenyang.

  • Buah-buahan

Perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti jeruk dan semangka. Bisa juga mengkonsumsi buah yang diolah seperti smoothies namun hindari penggunaan pemanis seperti gula secara berlebihan. Ini berfungsi untuk menghindarkan tubuh dari bahaya dehidrasi ketika di atas lapangan.

  • Telur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa para atlet akan membutuhkan banyak protein untuk menjaga staminanya, itulah yang terkandung di dalam telur. Baik untuk mengkonsumsi telur sebagai sarapan dan jangan lupa tambahan karbohidrat seperti nasi atau roti juga.

Makanan yang Harus Dihindari

Disamping makanan yang direkomendasikan, ternyata ada beberapa makanan juga yang sebaiknya dihindari oleh para atlet yang akan bertanding di pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia ini. Di antaranya adalah minuman-minuman bersoda karena mengandung banyak gula buatan yang tidak baik untuk kesehatan dan meningkatkan berat badan.

Selain itu ada juga sereal manis yang akan melebihi kebutuhan kalori atlet juga roti putih yang kandungan gizinya kurang baik untuk dikonsumsi oleh atlet.